Rabu, 22 Juni 2022

Mahasiswi PIAUD Ikuti Ajang Nasional AICOIES 2022


Rabu (22/05/2022), mahasiswi PIAUD IAIN Palangka Raya kembali mengikuti ajang Nasional, yaitu Dwi Puspita yang merupakan Mahasiswi Angkatan 2019. Mahasiswi yang biasa disapa Dwi ini mewakili Program Studi PIAUD IAIN Palangka Raya untuk mengikuti Annual International Conference on Islamic Education for Student (AICOIES 2022) yang diselenggarakan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Salatiga. Mengusung tema “Indigenious Culture Based Islamic Education for Moderating Religious Expression in the Publik Sphere” yang berlangsung selama tiga hari yakni Selasa-Kamis tanggal 21-23 juni 2022 bertempat di Auditorium Student Center. Turut mendampingi Wakil Dekan I FTIK Ibu Nurul Wahdah, M.Pd. dan Wakil Dekan III FTIK Ibu Asmawati, M.Pd., serta 3 perwakilan dari Prodi lainnya. Yaitu: Sri Rejeki Amalia (Tadris Bahasa Inggris), Hamdani (Pendidikan Bahasa Arab), dan Puspita Ais Anggraini (Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah).

 

Pada konferensi internasional ini, Dwi mempresentasikan artikel ilmiah dengan judul The Values of Religious Moderation in The Tampung Tawar Tradition in The Dayak Tribe pada sub topik Religious Moderation. Artikel ini memuat tentang tradisi tampung tawar sebagai salah satu tradisi yang masih dilestarikan serta sebagai bentuk moderasi beragama. Nilai-nilai moderasi beragama yang muncul diantaranya nilai tengah-tengah, toleransi, cinta tanah air, dan ramah budaya. Di samping itu, tradisi tampung tawar dapat mengantarkan sikap keberagaman yang inklusif dan toleran serta menjadikan suasana kehidupan keagamaan dan kebudayaan yang damai, dinamis, dan semarak.

"Tentu perasaan saya sangat senang ketika terpilih menjadi salah satu delegasi dalam acara AICOIES 2022 yang diselenggarakan di IAIN Salatiga yang diikuti oleh 200 peserta dari berbagai PTKIN. Bukan hanya perasaan senang saja, tetapi juga perasaan campur aduk karena prosesnya cukup banyak lika-liku yang dilalui. Tetapi saya sangat bersyukur, karena Ketua Prodi dan para dosen PIAUD ikut serta dalam membantu dan membimbing saya dalam menyelesaikan artikel yang akan dipresentasikan di AICOIES 2022. Pengalaman baru yang saya dapatkan menjadi bekal berharga untuk ke depannya. Harapannya AICOIES ini dapat diselenggarakan di setiap tahunnya, dan IAIN Palangka Raya dapat menyumbangkan lebih banyak mahasiswa untuk mengikuti acara tersebut. Semoga kedepan AICOIES lebih baik lagi”, ungkap Dwi.

 







0 komentar:

Posting Komentar