Selamat Datang Di Web Prodi PIAUD

Program Studi PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) FTIK IAIN Palangkaraya

Juara 1 Tingkat Nasional

Tari Kreasi Mahasiswa PIAUD

Eksternal Benchmarking Penjaminan Mutu PIAUD IAIN Palangkaraya

Bersama Pengelola Lembaga, Ketua Prodi, Dosen PIAUD IAIN Palangka Raya

Seni Rupa

Pembelajaran Senir Rupa Prodi PIAUD FTIK IAIN Palangka Raya

Benchmarking PIAUD IAIN Palangkaraya

Program Studi PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) FTIK IAIN Palangkaraya

https://www.blogger.com/u/3/blog/post/edit/2202220117166837103/4429928652431857615#

Bunda Mahasantri

Program Studi PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) FTIK IAIN Palangkaraya

Visiting Lecture

Program Studi PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) FTIK IAIN Palangkaraya

Senam Ceria

Program Studi PIAUD (Pendidikan Islam Anak Usia Dini) FTIK IAIN Palangkaraya

Kamis, 27 November 2025

DESAIN INTERIOR DAN EKSTERIOR RA AL-AZHAR PALANGKA RAYA

    RA Al Azhar Palangka Raya menghadirkan suasana belajar yang lebih inspiratif melalui pembaruan desain interior dan eksterior gedung sekolah. Dengan konsep yang mengedepankan kenyamanan, estetika, dan fungsi, suasana ruang belajar kini terasa lebih menyenangkan dan mendukung perkembangan anak didik secara optimal.

    Desain interior ruangan kelas diselaraskan dengan pendekatan pendidikan anak usia dini yang ceria dan penuh warna. Pemilihan furniture ergonomis serta dekorasi edukatif mendukung aktivitas belajar sambil bermain, sehingga meningkatkan kreativitas dan konsentrasi anak-anak. Selain itu, pencahayaan alami yang dioptimalkan dan sirkulasi udara yang baik turut memberikan suasana yang sehat dan nyaman. Sementara itu, desain eksterior RA Al Azhar Palangka Raya tampil modern dan asri dengan penataan taman hijau serta area bermain yang aman bagi anak-anak. Penggunaan tanaman dan elemen alami memperkuat suasana lingkungan yang menyatu dengan alam, menumbuhkan rasa cinta lingkungan sejak dini.

               

                             

    Melalui inovasi desain ini, RA Al Azhar Palangka Raya berharap dapat terus menjadi pilihan utama bagi orang tua yang menginginkan pendidikan berkualitas dan lingkungan belajar yang menyenangkan bagi putra-putri mereka.




 

Selasa, 25 November 2025

RA ANNISA 2 PALANGKA RAYA BERKUNJUNG KE BALAI KONSERVASI SUMBER DAYA ALAM (BKSDA) KOTA PALANGKA RAYA

 Palangka Raya, 26 November 2025 RA Annisa 2 Palangka Raya dari kelompok B1, B2 dan B3 melakukan kunjungan ke balai konservasi sumber daya alam (BKSDA). Kunjungan ini bertujuan untuk memperkenalkan anak-anak pada pentingnya konservasi alam sejak usia dini. 


Di dampingi oleh guru dan mahasiswa PLP II yang tengah melaksanakan praktik lapangan, anak-anak terlihat antusias mengikuti setiap kegiatan yang diselenggarakan oleh pihak BKSDA. Mereka mendapatkan penjelasan mengenai berbagai jenis flora dan fauna yang dilindungi, serta upaya pelestarian yang dilakukan oleh BKSDA. 


Kunjungan ini merupakan bagian dari program pembelajaran di RA Annisa 2 Palangka Raya bertujuan untuk mengenalkan anak-anak pada isu-isu lingkungan sejak dini. diharapkan kegiatan ini dapat menunbuhkan generasi muda yang peduli terhadap kelestarian alam di indonesia. 












Kegiatan Mengajar PLP 2 RA Al-Azhar Palangka Raya


Pada Rabu, 30 September 2025, mahasiswi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) UIN Palangka Raya melaksanakan Pengenalan Lapangan Prasekolah (PLP) 2 kegiatan pengantaran di RA Al-Azhar Palangka Raya sebagai awal dari pelaksanaan praktik lapangan selama 2 bulan yaitu dari Oktober sampai November. Kegiatan PLP 2 ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswi dalam memahami proses pembelajaran di lapangan, mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional, serta melatih keterampilan mengajar secara langsung di kelas sesuai kondisi dan kebutuhan peserta didik. Pada kegiatan pengantaran, mahasiswa diperkenalkan dengan lingkungan sekolah, guru kelas, serta peserta didik, sekaligus menerima arahan mengenai tugas, jadwal, dan alur pembelajaran selama PLP 2 berlangsung.

Gambar 1. Pengantaran PLP 2 

Dalam kegiatan ini,  mahasiswi berperan aktif mendampingi guru kelas, mengamati proses pembelajaran, serta terlibat langsung dalam pelaksanaan aktivitas belajar sesuai tema yang telah direncanakan setiap minggu. Adapun rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswi atas nama Ana Mupadiah prodi PIAUD Fakultas FTIK UIN Palangka Raya adalah sebagai berikut:

Selasa, 07 Oktober 2025 Semester 1 Minggu ke-1 di B1. Pada minggu pertama, kegiatan inti mengusung tema menjaga kebersihan. Anak-anak melakukan percobaan sains jejak tangan menggunakan kertas HVS, bubuk kunyit, air, dan pensil sebagai media. Selanjutnya, mereka membuat pel sederhana dari tisu dan sedotan untuk menanamkan kebiasaan menjaga kebersihan. Kegiatan ditutup dengan mengelompokkan sampah sesuai warna tempat sampah menggunakan gunting, kertas, dan lem sebagai pendukung aktivitas.

Gambar 2. Topik: Kebutuhanku, 

Selasa, 14 Oktober 2025 Semester 1 Minggu ke-2 B6. Pada minggu kedua, pembelajaran berfokus pada profesi pemadam kebakaran. Anak-anak menyusun puzzle pemadam kebakaran, mewarnai gambar api menggunakan kertas krep yang disobek-sobek, serta menebalkan garis putus-putus untuk melatih koordinasi motorik halus. Kegiatan melibatkan puzzle, gambar pemadam kebakaran, kertas krep, dan sedikit air untuk proses menempel.
Gambar 3. Topik: Pekerjaan

Selasa, 21 Oktober 2025 Semester 1 Minggu ke-3 A2. Pada minggu ketiga, anak-anak belajar mengenal berbagai tempat bekerja. Mereka menyebutkan contoh tempat kerja, mengurutkan gambar sesuai jenisnya, serta mencocokkan gambar tempat bekerja menggunakan media kartu gambar, tusuk sate, lem tembak, kardus, dan kertas karton yang dirangkai menjadi alat peraga.

Gambar 4. Topik: Pekerjaan

Selasa, 28 Oktober 2025 Semester 1 Minggu ke-4 B3. Minggu keempat berfokus pada alat-alat bekerja pemadam kebakaran. Anak-anak menghitung jumlah alat pemadam kebakaran pada gambar, menandai angka menggunakan bentuk lingkaran, segitiga, dan kotak, serta membuat kreativitas mobil pemadam kebakaran dengan memanfaatkan gambar, gunting, pensil, dan lem.

Gambar 5. Topik: Pekerjaan

Selasa, 4 November 2025 Semester 1 Minggu ke-5 B1. Pada minggu kelima, tema pembelajaran adalah sayuran. Anak-anak menebalkan tulisan “wortel”, menghitung jumlah wortel asli yang dibawa ke kelas, dan membuat wortel 3 dimensi menggunakan kertas sampul putih, pensil warna, gambar wortel, dan lem. Sayuran wortel asli turut digunakan sebagai media pengenalan nyata.

Gambar 6. Topik: Sayuran

Selasa, 18 November 2025 Semester 1 Minggu ke-6 B5. Pada minggu keenam, pembelajaran berfokus pada umbi-umbian, khususnya singkong. Kegiatan meliputi mewarnai gambar tanaman singkong, membuat ecoprint menggunakan daun singkong dan pewarna alami, serta bermain Nature Hunt di lingkungan sekolah untuk mencari daun, bunga, ranting, dan mengenal berbagai bentuk tanaman. Media yang digunakan antara lain daun singkong, umbi singkong, keripik singkong, serta berbagai gambar tanaman.

Gambar 7. Topik: Sayuran



PRAKTIK MENGAJAR PLP 2 RA AL-AZHAR PALANGKA RAYA

Palangka Raya Rabu 30 September 2025 pada Program Praktik Lapangan Pendidikan (PLP) 2 di RA Al-Azhar Palangka Raya merupakan bagian penting dalam proses pembelajaran mahasiswa sebagai upaya untuk menghubungkan teori dengan praktik secara langsung di lapangan. Pada semester ini, PLP 2 dilaksanakan di RA Al Azhar Palangka Raya, sebuah lembaga pendidikan anak usia dini yang telah dikenal dengan komitmennya dalam pengembangan kualitas pembelajaran. Kegiatan ini tidak hanya memberikan pengalaman mengajar secara nyata, tetapi juga membuka wawasan mahasiswa terhadap dinamika dan tantangan dalam pendidikan anak usia dini. Melalui PLP 2, mahasiswa diharapkan mampu mengenal lebih dalam lingkungan belajar, serta mempersiapkan diri untuk menjadi pendidik yang kompeten dan kreatif. Berikut ini adalah beberapa kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswi atas nama Khairunnisa prodi PIAUD Fakultas FTIK UIN Palangka Raya 


Jumat, 10 Oktober 2025, Semester 1 Minggu ke 1 kelas B4, topik kebutuhanku sub topik kebersihan, kesehatan, dan keamanan dengan skala penilaian ceklist dan hasil karya. Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan menempelkan kapas di atas kertas berpola mulut membentuk pola gigi, menggunting dan menempelkan langkah-langkah menggosok gigi, dan menggosok menyikat gigi. Adapun alat dan bahan yang di gunakan yaitu Kertas berpola mulut, kapas, kertas pola menyusun langkah-langkah menggosok gigi, odol dan sikat gigi.


Jumat, 17 Oktober 2025, Semester 1 Minggu ke 2 kelas B7, topik Pekerjaan sub topik macam-macam pekerjaan dengan skala penilaian ceklist dan hasil karya. Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan motorik yaitu menjepit gambar yang di acak sesuai dengan susunannya, mewainai gambar petani dan mengarahkan petani pada kertas bergambar labirin yang dimana petani akan mengantarkan hasil panen kepedagang. Adapun alat dan bahan yang di gunakan yaitu Kursi, tali, jepitan baju, pensil warna, kertas gambar pekerjaan petani, dan kertas bergambar labirin yang dimana petani akan mengantarkan hasil panen kepedagang.

Jumat, 22 Oktober 2025, Semester 1 Minggu ke 3 kelas A1, topik Pekerjaan sub topik tempat bekerja dengan skala penilaian ceklist dan hasil karya. Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan menyebutkan macam-macam tempat bekerja, mewarnai menggunakan kertas craf berwarna dan air dengan tangan, dan menghitung jumlah tempat bekerja sesuai jumlahnya. Adapun alat dan bahan yang di gunakan yaitu Kertas gambar sekolah, kertas craf, air, dan kertas yang sudah ada gambar macam macam tempat bekerja.

Jumat, 31 Oktober 2025, Semester 1 Minggu ke 4 kelas B2, topik Pekerjaan sub topik alat bekerja dengan skala penilaian ceklist dan hasil karya. Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan motorik yaitu anak menyusun gelas yang sudah di tempelkan gambar alat kebersihan dan disusun sesuai dengan gambar disampingnya, anak menghitung jumlah alat petugas kebersihan pada lembaran kerja yang sudah disediakan, dan anak menebalkan huruf sesuai dengan gambar pada lembar kerja yang sudah disediakan. Adapun alat dan bahan yang di gunakan yaitu Kertas lembar kerja menebalkan huruf dan menghitung alat pekerjaan petugas kebersihan, gelas, dan gambar alat petugas kebersihan.


Jumat, 07 November 2025, Semester 1 Minggu ke 5 kelas B5, topik Tanaman sub topik sayur dan buah dengan skala penilaian ceklist dan hasil karya. Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan mewarnai dan menghitung buah apel, kolase buah apel (hijau dan merah), dan mengelompokkan dan menggunting, menempel sayuran dan buah buahan pada kertas. Adapun alat dan bahan yang di gunakan yaitu Kertas lembar kerja mewarnai dan menghitung buah apel, lem, gunting, kertas sampul berwarna merah dan hijau yang di gunting bulat, lembar kerja kertas kolase buah apel, lembar kerja mengelompokkan buah dan sayur.
 

Jumat, 19 November 2025, Semester 1 Minggu ke 6 kelas B1, topik Tanaman sub topik umbi-umbian dengan skala penilaian ceklist dan hasil karya. Kegiatan yang dilakukan meliputi kegiatan mewarnai dan menebalkan gambar bawang merah dan bawang putih menggunakan pensil kayu,  kolase bawang merah dan bawang putih menggunakan kulit bawang, dan mengupas bawang merah dan bawang putih mengguanakan tangan. Adapun alat dan bahan yang di gunakan yaitu Kertas lembar kerja mewarnai dan menebalkan bawang merah dan bawang putih, kertas kolase gambar bawang, bawang merah dan bawang putih asli, lem, pensil warna, dan kulit bawang merah dan bawang putih.






KEGIATAN PEMBELAJARAN MAHASISWI PIAUD PLP 2 DI TK KHALIFAH PALANGKA RAYA

 

Pengantaran Mahasiswi PLP 2 ke TK Khalifah Palangka Raya

               Pada hari Rabu, 1 Oktober 2025, 11 mahasiswa Semester VII Prodi PIAUD Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya melaksanakan Real Teaching dalam mata kuliah Praktik Lapangan Prasekolah (PLP) magang 2. Kegiatan dimulai pada Selasa, 6 Oktober hingga Kamis, 19 November 2025. TK KHALIFAH Palangka Raya adalah salah satu sekolah yang dipilih sebagai tempat PLP untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Mahasiswa yang ditempatkan di TK KHALIFAH Palangka Raya adalah Miya Tenani, Selvi Permata Sari, Melisa, dan Ameliya Safitri. 
            Dalam kegiatan ini, para mahasiswa diharapkan dapat langsung menerapkan ilmu pedagogik yang telah dipelajari selama perkuliahan di kelas. Setiap mahasiswa memiliki kesempatan untuk merencanakan dan melakukan pembelajaran, mulai dari membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) atau Modul ajar (MA), memilih metode pembelajaran yang sesuai, hingga mengevaluasi hasil belajar siswa. Di TK KHALIFAH Palangka Raya, Miya, melisa, Amel,dan Selvi berada di kelas kelompok B dengan 11 anak, terdiri dari 7 anak laki-laki dan 4 anak perempuan.                                     
         
Selvi Permata sari membawakan Modul Ajar :Rekreasi Berkah Untuk Hiburan Dan Wirausaha Karunia Allah, / alat transportasi, binatang laut, kendaraan darat, Air, udara, dan Api / manfaat Air, manfaat udara, manfaat Api.
                                    
Melisa membawakan Modul Ajar :Rekreasi Berkah Untuk Hiburan Dan Wirausaha Karunia Allah, / Tempat Rekreasi (Lingkungan), Perlengkapan Rekreasi, Alat-Alat Rekreasi, Air, udara, dan Api / Air, Udara, dan Api.
  
Ameliya Safitri membawakan Modul Ajar :Rekreasi Berkah Untuk Hiburan Dan Wirausaha Karunia Allah, / Tempat Rekreasi (Lingkungan), Perlengkapan Rekreasi, Alat-Alat Rekreasi, Air, udara, dan Api / Air, Udara, dan Api.
  
Miya Tenani  membawakan Modul Ajar :Rekreasi Berkah Untuk Hiburan Dan Wirausaha Karunia Allah, / Tempat Rekreasi, Perlengkapan Rekreasi, Alat-Alat Rekreasi, Air, udara, dan Api / Air, Udara, dan Api
            Mahasiswa dibimbing langsung oleh guru pamong dan dosen pembimbing magang yang memantau serta memberikan evaluasi secara berkala terhadap proses mengajar mereka. Para peserta diharapkan dapat beradaptasi dengan cepat di lingkungan sekolah, mengelola kelas dengan baik, serta menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan efektif. Melalui real teaching , mahasiswa dapat mengembangkan kompetensi mereka dalam mengajar secara nyata. Mereka akan berhadapan langsung dengan situasi di lapangan yang mungkin berbeda dengan apa yang dibayangkan atau dipelajari secara teori di kampus.
Penjemputan Mahasiswi PLP 2 TK Khalifah Palangka Raya