Selasa, 25 November 2025

Kegiatan Mengajar PLP 2 RA Al-Azhar Palangka Raya


Pada Rabu, 30 September 2025, mahasiswi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) UIN Palangka Raya melaksanakan Pengenalan Lapangan Prasekolah (PLP) 2 kegiatan pengantaran di RA Al-Azhar Palangka Raya sebagai awal dari pelaksanaan praktik lapangan selama 2 bulan yaitu dari Oktober sampai November. Kegiatan PLP 2 ini bertujuan untuk memberikan pengalaman nyata kepada mahasiswi dalam memahami proses pembelajaran di lapangan, mengembangkan kompetensi pedagogik dan profesional, serta melatih keterampilan mengajar secara langsung di kelas sesuai kondisi dan kebutuhan peserta didik. Pada kegiatan pengantaran, mahasiswa diperkenalkan dengan lingkungan sekolah, guru kelas, serta peserta didik, sekaligus menerima arahan mengenai tugas, jadwal, dan alur pembelajaran selama PLP 2 berlangsung.

Gambar 1. Pengantaran PLP 2 

Dalam kegiatan ini,  mahasiswi berperan aktif mendampingi guru kelas, mengamati proses pembelajaran, serta terlibat langsung dalam pelaksanaan aktivitas belajar sesuai tema yang telah direncanakan setiap minggu. Adapun rangkaian kegiatan pembelajaran yang dilakukan oleh mahasiswi atas nama Ana Mupadiah prodi PIAUD Fakultas FTIK UIN Palangka Raya adalah sebagai berikut:

Selasa, 07 Oktober 2025 Semester 1 Minggu ke-1 di B1. Pada minggu pertama, kegiatan inti mengusung tema menjaga kebersihan. Anak-anak melakukan percobaan sains jejak tangan menggunakan kertas HVS, bubuk kunyit, air, dan pensil sebagai media. Selanjutnya, mereka membuat pel sederhana dari tisu dan sedotan untuk menanamkan kebiasaan menjaga kebersihan. Kegiatan ditutup dengan mengelompokkan sampah sesuai warna tempat sampah menggunakan gunting, kertas, dan lem sebagai pendukung aktivitas.

Gambar 2. Topik: Kebutuhanku, 

Selasa, 14 Oktober 2025 Semester 1 Minggu ke-2 B6. Pada minggu kedua, pembelajaran berfokus pada profesi pemadam kebakaran. Anak-anak menyusun puzzle pemadam kebakaran, mewarnai gambar api menggunakan kertas krep yang disobek-sobek, serta menebalkan garis putus-putus untuk melatih koordinasi motorik halus. Kegiatan melibatkan puzzle, gambar pemadam kebakaran, kertas krep, dan sedikit air untuk proses menempel.
Gambar 3. Topik: Pekerjaan

Selasa, 21 Oktober 2025 Semester 1 Minggu ke-3 A2. Pada minggu ketiga, anak-anak belajar mengenal berbagai tempat bekerja. Mereka menyebutkan contoh tempat kerja, mengurutkan gambar sesuai jenisnya, serta mencocokkan gambar tempat bekerja menggunakan media kartu gambar, tusuk sate, lem tembak, kardus, dan kertas karton yang dirangkai menjadi alat peraga.

Gambar 4. Topik: Pekerjaan

Selasa, 28 Oktober 2025 Semester 1 Minggu ke-4 B3. Minggu keempat berfokus pada alat-alat bekerja pemadam kebakaran. Anak-anak menghitung jumlah alat pemadam kebakaran pada gambar, menandai angka menggunakan bentuk lingkaran, segitiga, dan kotak, serta membuat kreativitas mobil pemadam kebakaran dengan memanfaatkan gambar, gunting, pensil, dan lem.

Gambar 5. Topik: Pekerjaan

Selasa, 4 November 2025 Semester 1 Minggu ke-5 B1. Pada minggu kelima, tema pembelajaran adalah sayuran. Anak-anak menebalkan tulisan “wortel”, menghitung jumlah wortel asli yang dibawa ke kelas, dan membuat wortel 3 dimensi menggunakan kertas sampul putih, pensil warna, gambar wortel, dan lem. Sayuran wortel asli turut digunakan sebagai media pengenalan nyata.

Gambar 6. Topik: Sayuran

Selasa, 18 November 2025 Semester 1 Minggu ke-6 B5. Pada minggu keenam, pembelajaran berfokus pada umbi-umbian, khususnya singkong. Kegiatan meliputi mewarnai gambar tanaman singkong, membuat ecoprint menggunakan daun singkong dan pewarna alami, serta bermain Nature Hunt di lingkungan sekolah untuk mencari daun, bunga, ranting, dan mengenal berbagai bentuk tanaman. Media yang digunakan antara lain daun singkong, umbi singkong, keripik singkong, serta berbagai gambar tanaman.

Gambar 7. Topik: Sayuran



0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.