Senin, 20 Juni 2022

PARTISIPASI MAHASISWA DAN DOSEN PIAUD PADA THE 2nd INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAM AND EDUCATION (ICONIE) IAIN PEKALONGAN


Selasa (21/06), mahasiswa dan Dosen Program Studi PIAUD IAIN Palangka Raya kembali ikut serta menjadi presenter dalam konferensi internasional. Kali ini mahasiswa yang berpartisipasi yaitu Fadilah Utami, Hatmawati, Devi Oktavia, dan Nordiyanti yang dibimbing langsung oleh Aghnaita, M.Pd dan Ali Iskandar Zulkarnain, M.Pd. Pada kegiatan The 2nd International Conference on Islam And Education (ICONIE) yang diselenggarakan oleh IAIN Pekalongan mengusung tema “Moderate Islamic Education for Sustainable Development in Plural Society”. Ada beberapa topik yang diangkat dalam konferensi ini yaitu education, islamic studies, dan others issues. Kegiatan ini juga diikuti oleh berbagai akademisi dan mahasiswa mulai dari 20-21 Juni 2022 secara blended.

 
Sebelum mengikuti konferensi ada beberapa proses yang harus mereka lewati, mulai dari seleksi abstrak, pengumpulan artikel hingga presentasi artikel. Utami, dkk mengangkat judul artikel “Islamic Parenting: Actualization of Tasamuh Values for Early Childhood in a Plural Society” untuk sub tema early childhood and primary education. Pada hasil penelitian mereka menunjukkan bahwa dalam penerapan pola asuh Islami untuk mengenalkan keragaman agama, suku, ras, dan budaya lokal sejak dini dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan dengan bahasa yang mudah dipahami. Selain itu dengan tidak melarang anak bermain dengan anak yang berbeda agama dan memperbolehkannya berkunjung ke rumah teman yang sedang merayakan hari besar keagamaan.

Artikel yang telah dipresentasikan nantinya akan diterbitkan pada jurnal atau prosiding ber-ISBN. Utami, dkk juga mengungkapkan perasaan mereka sangat campur aduk saat mendapat kesempatan untuk berpartisipasi dalam konferensi. Mereka berharap ke depannya akan ada lagi konferensi-konferensi yang sama agar  dapat menambah pengalaman mahasiswa dalam menulis dan mengikuti ajang di tingkat nasional atau internasional.

 

0 komentar:

Posting Komentar