Kamis, 20 Februari 2020

PROGRAM STUDI PIAUD JURUSAN TARBIYAH FTIK IAIN PALANGKA RAYA MELAKSANAKAN ORIENTASI MAGANG II


Program Studi PIAUD IAIN Palangka Raya telah melakukan orientasi magang II bertempat di ruang perkuliahan FTIK IAIN Palangka Raya. Pelaksanaan orientasi ini mengawali kegiatan magang II yang akan dilaksanakan pada Semester Genap Tahun Akademik 2019-2020 bagi Mahasiswa PIAUD yang berada pada semester 6. Selain itu, orientasi tersebut dilakukan sebagai bentuk pembekalan bagi Mahasiswa sebelum diantar ke sekolah masing-masing. Adapun mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan magang II ini berjumlah 22 orang, di mana pada semester yang lalu mereka telah melaksanakan kegiatan magang I.  Berbeda dengan magang I, pada magang II fokus praktik pembelajaran akan dilakukan pada Kelompok Bermain (KB). Sebagai calon pendidik, kegiatan ini nantinya dapat menjadi pengalaman dan pembelajaran secara langsung bagi mahasiswa terhadap apa saja yang terjadi di lapangan.

Pada kesempatan ini pula, Bapak Muzakki, M.Pd sebagai salah satu Dosen Pembimbing, sekaligus menjadi Pemateri pada kegiatan orientasi Magang II tersebut. Ada beberapa hal penting yang telah Beliau sampaikan, di antaranya tentang pembelajaran yang harus disesuaikan dengan usia dan tahap perkembangan anak dengan mengacu pada STTPA. Selain itu, Pemateri juga menegaskan bahwa untuk Kelompok Bermain (KB) pembelajaran masih bersifat sederhana namun tetap tidak meninggalkan esensi dari pembelajaran yang ingin diterapkan.
Sekretaris Program Studi PIAUD IAIN Palangka Raya, Bapak Setria Utama Rizal, M.Pd juga mengungkapkan jika kegiatan magang II telah mempertimbangkan beberapa TK/RA yang memiliki program KB. Sehingga, ada 4 TK/RA di Kota Palangka Raya yang rencananya akan menjadi tempat magang II tahun ini. Yaitu: TK Darussalam, TK Aisyiyah Bustanul Athfal II, RA Perwanida II, dan TK Aqidah. Selain itu, kegiatan dilaksanakan kurang lebih selama 2 bulan dengan 8 kali praktik mengajar, dan 1 kali di antaranya sebagai Ujian Akhir Semester (UAS).

0 komentar:

Posting Komentar