Selasa, 23 April 2024

DOSEN HOMEBASE PRODI PIAUD IKUTI LOKAKARYA MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA (MBKM)


Jum'at (01/10), dalam rangka persiapan implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) IAIN Palangka Raya adakan kegiatan lokakarya dengan mengusung tema "Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM): Pelaksanaan, Evaluasi dan Konversi". Dilaksanakan secara online melalui zoom meeting, kegiatan ini berlangsung pada pukul 08.00-14.00 WIB.

Pada kesempatan ini, ada 2 Narasumber yang menjadi pembicara yaitu Prof. Dr. Indrianty Sudirman, SE., M.Si., CRMP. CRGP selaku Tim Penyusun Instrumen APS 4.0 dan Fasilitator Pelatihan Asesor APS 4.0 BAN-PT serta Dr. Ir Prastawa Budi, M. Sc selaku Kepala Lembaga Penjaminan Mutu dan Pengembangan Pendidikan Universitas Hasanuddin Makasar. Kegiatan turut dihadiri oleh berbagai pihak di lingkungan IAIN Palangka Raya. Mulai dari Ketua LPM, LP2M, Wakil Dekan I, II, III, Kabag TU, seluruh Ketua Jurusan dan Sekretaris Jurusan, seluruh Kaprodi dan Sekprodi dan seluruh Dosen Tetap IAIN Palangka Raya. Tak ketinggalan beberapa dosen homebase turut berpartisipasi pada kegiatan ini. Di antaranya, Sekretaris Prodi PIAUD: Saudah, M.Pd.I, Muzakki, M.Pd, Neela Afifah, M.Pd, dan Aghnaita, M.Pd. 

Adanya kegiatan lokakarya ini juga menjadi bentuk persiapan setiap Prodi dalam menyiapkan dan menyesuaikan kurikulum Prodi yang memuat konsep Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), ungkap Dr. Nurul Wahdah, M.Pd selaku Ketua Panitia sekaligus Wakil Dekan I FTIK IAIN Palangka Raya. Acara dilanjutkan dengan sambutan Rektor IAIN Palangka Raya sekaligus membuka acara yang diwakili oleh Wakil Rektor I yakni Prof. Dr. Hj. Hamdanah, M.Ag. Beliau menyampaikan beberapa hal mengenai kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang akan turut dilaksanakan di IAIN Palangka Raya dan menyambut baik akan terselenggaranya kegiatan ini.

Kegiatan ini dimoderatori oleh Nur Inayah Syar, M.Pd. Pada sesi kedua, penyampaian materi dari Narasumber pertama yaitu Prof. Dr. Indrianty Sudirman, SE., M.Si., CRMP. CRGP tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Pelaksanaan dan Evaluasi. Materi kemudian dilanjutkan oleh Dr. Ir Prastawa Budi, M. Sc dengan pembahasan terkait konversi MBKM seperti pertukaan mahasiswa, magang/praktik kerja, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian/riset, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen, dan membangun desa/KKN Tematik.


0 komentar:

Posting Komentar