Minggu, 21 Juli 2024

Pengantaran Mahasiswi PIAUD IAIN Palangka Raya dalam Rangka Kegiatan Asistensi Mengajar di TK IT Darul Istiqomah Palangka Raya

Palangka Raya, Kalimantan Tengah - Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya melalui Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) mengantarkan para mahasiswa Asistensi Mengajar untuk mengabdi di TK IT Darul Istiqomah Palangka Raya. Kegiatan ini berlangsung pada hari Sabtu tanggal 20 Juli 2024, diikuti oleh mahasiswa yaitu Annisa Rahmasari dan Arda Sulis Mutiara dan dosen pendamping yaitu Bapak Muzakki, M.Pd.



Para mahasiswa disambut dengan hangat oleh pihak TK IT Darul Istiqomah. Acara diawali dengan sepatah kata dari dosen pembimbing dan kepala sekolah TK IT Darul Istiqomah. 

Kegiatan asistensi mengajar diharapkan mahasiswa bisa membantu para guru TK dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar di kelas dan mengajar. "Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk memberikan pengalaman mengajar kepada para mahasiswa," ujar dosen pendamping tersebut. "Dengan membantu para guru TK dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar, diharapkan para mahasiswa AM dapat memahami dan menerapkan berbagai metode pembelajaran yang efektif untuk anak usia dini." Ujar kepala sekolah TK IT Darul Istiqomah.

Asistensi mengajar di satuan pendidikan adalah aktivitas pembelajaran yang dilakukan mahasiswa secara kolaboratif dengan guru/tutor/fasilitator/orang tua di berbagai satuan pendidikan dalam subsistem pendidikan formal, nonformal dan informal. Satuan pendidikan dalam subsistem pendidikan formal meliputi jenjang pendidikan anak usia dini, yaitu Taman Kanak- Kanak-Kelompok Bermain (TK-KB), Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (SD/MI) atau yang sederajad, Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs) atau yang sederajad, Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah/Sekolah Menengah Kejuruan (SMA/MA/SMK) atau yang sederajat. Satuan pendidikan dalam subsistem Pendidikan Nonformal antara lain Lembaga Kursus dan Pelatihan, Sanggar Kegiatan Belajar, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat, Bimbingan Belajar, Lembaga Pelatihan.

Kegiatan Asistensi Mengajar ini merupakan salah satu bentuk komitmen IAIN Palangka Raya untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia. IAIN Palangka Raya akan terus menyelenggarakan kegiatan serupa di masa depan untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran di TK-TK di Palangka Raya dan sekitarnya.



0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.