Jumat, 04 November 2022

Pengabdian Dosen dan Mahasiswa Kegiatan Estafet Bola di TK Islam Yasalmuna Palangka Raya

    (Sabtu, 5 November 2022) Kegiatan program stimulasi fisik motorik kasar melempar bola ke dalam wadah dengan metode bermain estafet bola untuk anak usia 4-5 tahun ini di laksanakan pada 5 November 2022 di TK Yasalmuna Palangkaraya. Pelaksanaan kegiatan ini berupa kegiatan program stimulasi yang menggunakan metode bermain permainan melempar bola ke dalam wadah dengan metode bermain estafet bola. Kegiatan ini dilaksanakan oleh Dosen dan Mahasiswa Program Studi PIAUD FTIK IAIN Palangka Raya sebagai salah satu pengabdian.


    Adapun yang melaksanakan pengabdian tersebut adalah Anida Rahmi, Isnawati dan Nor Ma'rifah yang merupakan mahasiswa PIAUD dengan mata kuliah Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini yang diampu oleh dosen Ibu Aghnaita, M.Pd.


    Sebelum kegiatan stimulasi fisik motorik kasar ini di lakukan mahasiwa PIAUD terlebih dahulu membuat kesepakatan dengan anak-anak. Selanjutnya anak-anak di berikan pengarahan terlebih dahulu tentang bagaimana cara bermainnya serta aturan dalam permainan ini. Anak tampak bersemangat dan senang saat akan melakukan kegiatan stimulasi ini. Dalam permainan ini anak-anak di bagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Permainan ini menggunakan metode bermain estafet yang mana dalam permainan ini anak pertama memberikan bola ke anak kedua kemudian anak kedua memberikan kepada anak ketiga dan begitu seterusnya sampai menuju ke anak terakhir dan anak terakhir melempar bola kedalam wadah secara tepat.
    Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa keterampilan motorik kasar anak dalam aspek kecepatan, keseimbangan, koordinasi, dan ketepatan belum berkembang dengan baik. Hal ini terbukti pada saat kegiatan program stimulasi berlangsung anak mengalami beberapa kesulitan dalam kegiatan stimulasi dan anak masih di bimbing oleh guru karena terdapat beberapa anak yang kurang fokus dalam permainannya. Ketika anak pertama memberi bola ke pada anak kedua kemudian anak kedua memberikan bola ke pada anak ketiga tetapi anak ketiga tidak mengambil bola karena anak ketiga lebih fokus melihat kelompok lain. Anak mengalami kesulitan dalam mengikuti kegiatan yang melibatkan kemampuan motorik kasar.  

Kegiatan program stimulasi fisik motorik kasar melempar bola ke dalam wadah dengan metode bermain estafet bola untuk anak usia 4-5 tahun yang di lakukan di TK Yasalmuna Palangka Raya ini diharapkan dapat menstimulasi kemampuan anak dalam aspek kecepatan, keseimbangan, koordinasi, dan ketepatan. Agar sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia nomor 137 tahun 2014 tentang standar nasional pendidikan anak usia dini pada bagian lingkup perkembangan fisik motorik dalam hal ini motorik kasar, Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak pada usia 4-5 tahun pada poin 4 yaitu melempar sesuatu secara terarah dapat terlaksana.


Dokumentasi Video Pengabdian 





0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.