Rabu, 12 Juni 2024

Penerapan Pramuka Prasiaga Mahasiswa IAIN Kolaborasi dengan TK Islam Al-Hijrah

Menanamkan karakter disiplin melalui kegiatan Prasiaga di TK ISLAM AL-HIJRAH Palangka Raya


Untuk menanamkan karakter disiplin pada anak, mahasiswa prodi PIAUD IAIN Palangka Raya mengadakan kegiatan Prasiaga yang dilaksankan di TK ISLAM AL-HIJRAH setiap hari Jum’at di Bulan Mei. Lalu bagaimana kegiatannya ?

Mahasiswa prodi PIAUD IAIN Palangka Raya sedang melaksanakan penerapan Pramuka Prasiaga dengan bentuk melatih dan menanamkan karakter disiplin pada anak di TK ISLAM AL-HIJRAH. Dalam kegiatan penerapan Pramuka Prasiaga ini, mahasiswa membawa semua anak-anak yakni semua anak-anak kelompok A dan semua anak-anak kelompok B untuk sama-sama belajar dan mengenalkan Pramuka Prasiaga sejak dini agar mereka bisa mempersiapkan diri menuju sekolah dasar.


Kegiatan yang dilakukan selama 4 minggu berturut-turut ini meliputi :

1. Pengenalan Prasiaga




2. Senam Pramuka Prasiaga




3. Pengenalan tepuk pramuka



4. Pengenalan baris berbaris



5. Games


Kegiatan Pramuka Prasiaga seperti yang dilakukan diatas, dapat berpengaruh banyak dalam proses pembentukan karakter anak. Hal itu dapat dilihat dari pengalaman yang di dapat dari kegiatan diatas. Hal itu dapat dirasakan peneliti saat observasi dan ikut serta langsung dalam kegiatan Pramuka Prasiaga ini. Selain anak-anak, wali murid, guru, dan peneliti juga mendapat pengalaman yang menarik dan bermanfaat.






0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.