Selasa, 12 September 2023

PIAUD IAIN Palangka Raya Menjadi Tuan Rumah Borneo Academic Forum 1 (BOPAF) Kalimantan



Palangka Raya, 12/09/2023. Prodi PIAUD IAIN Palangka Raya Tuan Rumah BOPAF (Borneo PIAUD Academic Forum), BOPAF adalah kegiatan yang dilaksanakan oleh Perkumpulan PIAUD Wilayah Kalimantan yang diinisiasi oleh adanya Borneo Undergraduate Academic Forum (BUAF) yang pada tahun ini dilaksanakan di IAIN Palangka Raya. 

BOPAF ini kedepannya akan direncanakan menjadi kegiatan tahunan bagi Asosiasi Prodi PIAUD di Kalimantan.



Dr. Nur Hamzah, M.Pd selaku Ketua Asosiasi PPIAUD Indonesia mengatakan dalam sambutannya, bahwa kegiatan ini harapannya akan menjadi langkah strategis bagi prodi PIAUD di Kalimantan untuk mempermudah kerjasama antar prodi PIAUD dalam rangka melaksanakan kegiatan-kegiatan berbasis mutu yang akan menunjang akreditasi pada setiap prodi PIAUD di Kalimantan. Sehingga tema pada kegiatan ini adalah Prodi PIAUD Menuju UNGGUL.

Adapun kegiatan-kegiatan berbasis mutu yang dapat dilakukan oleh prodi PIAUD pada acara BOPAF yaitu Kuliah Umum, Visiting Lecturer, FGD, Seminar, Pelatihan, Bedah Buku, dan kegiatan mutu lainnya.

BOPAF yang dilaksanakan di Prodi PIAUD IAIN Palangka Raya ini dihiasi dengan kegiatan-kegiatan berbasis mutu seperti Kuliah Umum dengan Narasumber Dr. Nur Hamzah, M.Pd. dari IAIN Pontianak dengan tema Milestone Pengasuhan bagi Calon Pendidik Anak Usia Dini Millenial, kemudian ada Sharing PIAUD Unggul, Seminar Penulisan Karya Ilmiah, Workshop Edupreneur, kegiatan FGD yang dibarengi dengan Rakerwil Asosiasi Prodi PIAUD Kalimantan, selain itu juga ada kegiatan Visiting Lecturer. Semua kegiatan tersebut telah dijadwalkan untuk diisi oleh Dosen-Dosen PIAUD dari IAIN Pontianak, Universitas Muhammadiyah Banjarmasin, STAI Darul Ulum Kandangan, STITNA (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Nur Ahadiyah) Pangkalan Bun, dan UINSI Samarinda. Kegiatan ini juga dihadiri oleh ketua PPIAUD Wilayah Kalimantan M. Abdan Syakura, M.Pd.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Palangka Raya Dr. Dakir, M.A. dalam sambutannya beliau sangat mengapresiasi kegiatan ini dan sangat mendukung program PPIAUD diantaranya Penegerian RA (Raudahtul Athfal) dan mengkomunikasikan dengan pihak Rektorat dan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Kalimantan Tengah.

Tahun 2024, Perguruan Tinggi yang akan menjadi tuan rumah pada acara BUAF, maka prodi PIAUD di PT tersebut juga akan menjadi tuan rumah pada acara BOPAF dengan jenis kegiatan mutu yang sama.

Meskipun kegiatan BOPAF ini dilaksanakan dengan perencanaan yang cukup singkat, Alhamdulillah dalam berjalan dengan lancar.

Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada semua pihak yang terlibat dan dapat memajukan prodi-prodi PIAUD yang ada di Kalimantan. Aamiin.



0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.