Selasa, 14 Mei 2024

PENGABDIAN INTERNASIONAL KOLABORASI DOSEN & MAHASISWA PRODI PIAUD BERSAMA TEACHER AND STUDENT MIRACLE LANGUAGE CENTRE THAILAND

Palangka Raya, Selasa (14/05/2024) – Dosen dan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) bersama Mahasiswa dari MLC Melaksanakan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) di RA Al-Musafirin Palangka Raya. Kegiatan Pengabdian ini berupa kegiatan Outbound Kids yang diikuti oleh 20 orang anak dari Kelas Kelompok A. Kegiatan ini dilakukan bertujuan untuk meningkatkan fisik motorik pada anak usia dini.

Gambar 1. Foto Bersama Kegiatan PkM di RA Al-Musafirin Palangka Raya

 

Berikut runtutan kegiatan permainan Outbound Kids di RA Al-Musafirin Palangka Raya:

1) Anak dibagi menjadi dua kelompok

2) Anak diarahkan pada masing-masing permainan

3) kemudian Mahasiswa PIAUD dan MLC memberi arahan dengan cara mencontohkan bagaimana cara melakukan permainan tersebut

Terdapat 6 Jenis kegiatan permainan Outbound Kids yang dilakukan, diantaranya:

1) Memindahkan bendera ke botol, satu anak berada di garis start untuk memindahkan bendera ke botol dengan berlari. Kegiatan memindahkan bendera dari satu botol ke botol lainnya bisa membantu anak mengembangkan keterampilan motorik halus, motorik kasar, koordinasi mata-tangan, dan pemecahan masalah sederhana. Ini juga bisa menjadi latihan yang baik untuk meningkatkan konsentrasi dan ketelitian.

Gambar 2. Anak memindahkan bendera ke botol

2) kemudian dilanjutkan dengan meniup bola pingpong di atas air, anak yang telah memindahkan bendera ke botol kemudian meniup bola pingpong sampai gelas terakhir. Kegiatan ini dapat melatih motorik halus anak dengan mengontrol kekuatan dan arah hembusan udara untuk menjaga pola pingpong tetap diatas air, kegiatan ini juga dapat melatih konsentrasi dan fokus, pemahaman fisika dasar, dan kreatifitas serta keterampilan pemecahan masalah anak.

 

Gambar 3. Anak meniup bola pingpong di atas air

3) selanjutnya, estafet hula hoop, 2 anak memasukkan hula hoop secara bergantian sampai garis yang telah ditentukan. Kegiatan ini dapat melatih keterampilan koordinasi motorik, keseimbangan dan kerja sama anak.

Gambar 4. Anak melakukan estafet holahop

4) dilanjutkan dengan 2 orang anak yang memasukkan bola ke dalam gelas melalui kepala. Kegiatan ini selain dapat melatih motorik anak juga dapat melatih kerja sama dan komunikasi anak untuk dapat merencanakan bagaimana cara memasukan bola pingpong tersebut ke dalam gelas tanpa terjatuh.

Gambar 5. Anak Memasukan bola ke dalam gelas melalui kepala

5) permainan selanjutnya yaitu estafet bola pingpong, dalam permainan ini ada 3 orang anak yang bertugas untuk memindahkan bola menggunakan sendok dan apabila telah sampai ke anak ke 3 anak tersebut memasukkan bola pingpong ke dalam gelas dan melanjutkan permainan selanjutnya. Kegiatan permainan ini berguna untuk melatih motorik halus dan sosial emosional anak karena permainan ini melatih keseimbangan anak dalam memindahkan bola pingpong agar tidak terjatuh.

 

Gambar 6. Anak melakukan estafet bola pingpong

6) permainan terakhir yaitu halang rintang, 3 orang anak tadi berlari zig-zag secara bergantian kemudian anak pertama berjalan di atas kardus, setelah anak ke 3 berdiri di kardus ke 3 anak tersebut memindahkan kardus tersebut ke depan, permainan ini dilakukan sampai garis finish.

Gambar 7. Anak melakukan lari zig-zag

Gambar 8. Anak berjalan di atas kardus

Setelah kegiatan Outbound Kids selesai para Mahasiswa  PIAUD dan MLC mengajak anak-anak untuk melakukan icebreaking bersama. Mahasiswa MLC Mengajarkan kepada anak-anak Gerak dan Lagu Anggota Tubuh menggunakan bahasa Inggris, sedangkan Mahasiswa PIAUD Mengajarkan dalam bahasa Indoensia. 
Gambar 9. Mahasiswa MLC Mengajarkan Gerak dan Lagu Anggota Tubuh dalam Bahasa Inggris    
Gambar 10. Mahasiswa PIAUD Mengajarkan Gerak dan Lagu Anggota Tubuh dalam Bahasa Indonsia


Berikut adalah link video dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat di RA Al-Musafirin Palangka Raya:

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.