Jumat, 31 Mei 2024

GPM Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Ikuti Kegiatan Penyamaan Persepsi Monev 2024

 
Palangka Raya – Kegiatan Monitoring dan Evaluasi (MONEV) yang merupakan agenda rutin tahunan di IAIN Palangka Raya secara resmi dimulai yang diikuti oleh dosen Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini yaitu Aghnaita, M.Pd dan Neela Afifah S.Pd.I., M.Pd. Langkah awal kegiatan ini ditandai dengan diadakannya kegiatan penyamaan persepsi LPM, KPM, GPM dan unsur dekanat yang bertujuan untuk mengetahui tugas pokok dan fungsi KPM-GPM serta teknis pelaksanaan MONEV Tahun 2024.

Kegiatan penyamaan persepsi KPM-GPM digelar pada hari Kamis, 30 Mei 2024 di Ruang Rapat Rektorat IAIN Palangka Raya. Kegiatan ini dihadiri oleh 66 orang peserta yang terdiri dari unsur LPM, KPM, GPM dan Dekanat di setiap UPPS.



Adapun agenda pertama kegiatan penyamaan persepsi antara lain pemaparan dasar hukum, metode dan teknis pelaksanaan MONEV tahun 2024 oleh Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu LPM. Disusul agenda kedua yaitu sosialisasi dan praktik penggunaan aplikasi SIMONA (Sistem Informasi Monitoring dan Evaluasi IAIN Palangka Raya) yang disampaikan oleh pengembang aplikasi, Bapak Slamet Riyadi, M.Kom. Dalam penjelasannya, Slamet menyampaikan teknis penggunaan aplikasi, termasuk di dalamnya fitur-fitur yang dapat digunakan oleh KPM-GPM.

“Akses yang dimiliki oleh KPM dan GPM pada aplikasi SIMONA akan berbeda, sesuai dengan tugas masing-masing. Setelah menggunakan aplikasi ini, KPM dan GPM tidak perlu melakukan analisis dan membuat isian laporan secara manual, melainkan dapat mengandalkan aplikasi dalam menentukan kesimpulan capaian setiap sub-standar.”

Kegiatan terakhir ditutup dengan diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan narasumber kegiatan. Tahun 2024 merupakan tahun pertama penggunaan aplikasi SIMONA untuk kegiatan MONEV, sehingga diharapkan kegiatan ini dapat berjalan lebih efektif dan tentunya lebih memudahkan KPM dan GPM dalam merekam data pencapaian indikator Kinerja Utama (IKU) dan Indikator Kinerja Tambahan (IKT) di setiap Program Studi.

Tampilan Awal Aplikasi Simona

Pada MONEV tahun 2024 Rektor menugaskan 54 orang KPM dan GPM di setiap UPPS dan Program Studi berdasarkan SK Rektor IAIN Palangka Raya Nomor 232 Tahun 2024 tentang Pengangkatan Komite Penjaminan Mutu dan Gugus Penjaminan Mutu IAIN Palangka Raya Tahun 2024-2025. Dalam pemaparannya Kepala Pusat Audit dan Pengendalian Mutu mempertegas pembagian tugas antara KPM dan GPM di UPPS.
“KPM dan GPM bertugas memastikan terselenggaranya penjaminan mutu Tridharma serta melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan standar-standar dalam SPMI di Fakultas dan Prodi. KPM secara umum bertugas mengakomodir rapat-rapat/FGD yang melibatkan pengumpulan data di tingkat UPPS dan membuat Laporan MONEV Fakultas. GPM bertugas langsung untuk terjun ke lapangan memonitoring dan mengevaluasi ketercapaian setiap IKU dan IKT di Program Studi.”

Monev 2024 diharapkan dapat merekam terlaksananya Sistem Penjaminan Mutu Internal mulai dari tingkat Program Studi, Fakultas/Pascasarjan hingga tingkat Institut. Laporan MONEV yang disusun oleh KPM akan menggambarkan tingkat ketercapaian IKU dan IKT dalan dokumen standar SPMI. Penarikan kesimpulan pada setiap standar meliputi empat kriteria yakni “Melampaui Standar”, “Mencapai Standar”, “Belum Mencapai Standar” dan “Menyimpang dari Standar”.



Adapun perbedaan pelaksanaan MONEV tahun 2024 dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yakni penggunaan aplikasi SIMONA yang diharapkan dapat memudahkan KPM-GPM dalam menganalisis dan melaporkan hasil MONEV. Selain itu jumlah Standar SPMI yang di-MONEV juga mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2023 dengan adanya penambahan 3 standar yakni standar pembiayaan pembelajaran, standar proses penelitian dan standar proses PKM. Adapun jumlah total standar yang akan di-MONEV pada tahun 2024 berjumlah 11 standar dan akan dilaksanakan pada tanggal 3 Juni sampai dengan 26 Agustus 2024.

Timeline Pelaksanaan MONEV Tahun 2024

LPM akan berupaya melakukan langkah-langkah efektif guna menyukseskan kegiatan MONEV Tahun 2024 melalui pendampingan KPM-GPM dan perbaikan instrumen serta sistem MONEV dari tahun ke tahun. Diharapkan kegiatan MONEV ini akan terus berjalan dan menjadi agenda tahunan yang dapat menggambarkan kualitas penjaminan mutu internal di IAIN Palangka Raya.

0 Comments:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.